Membongkar Istilah ‘Hilirisasi Digital’: Antara Narasi Kontroversial dan Upaya Mewujudkan Ekonomi Digital Berkualitas

Istilah “hilirisasi digital” menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen setelah istilah tersebut digunakan oleh salah satu calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka pada Debat Cawapres 22 Desember 2023 lalu. Istilah tersebut cukup menuai kritik dari berbagai pihak.  

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Izzudin Al Farrras Adha menyatakan bahwa tidak ada istilah hilirisasi digital dalam dunia akademik.

Kemudian, Direktur Ekonomi Digital Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Nailul Huda menjelaskan bahwa hilirisasi biasanya adalah proses pengolahan bahan baku menjadi barang yang memiliki nilai tambah tinggi. Menurutnya, konsep hilirisasi digital yang diusung Gibran masih belum jelas dan tidak terarah. Tidak ada penjelasan mengenai apa yang akan dihilirisasi dari digital.

Juru Bicara (Jubir) Timnas AMIN Sulfikar Amir menilai bahwa prinsip hilirisasi dan prinsip digital merupakan dua hal yang berbeda. Menurutnya, hilirisasi merupakan istilah di dalam proses produksi industri, sementara digitalisasi merupakan ekosistem di dalam pengoperasian teknologi digital.

Lalu, apa sebenarnya definisi hilirisasi digital?

Konsep hilirisasi digital memang masih kabur saat ini. Namun, apabila dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hilirisasi atau penghiliran adalah proses, cara, perbuatan untuk melakukan pengolahan bahan baku menjadi barang siap pakai. Sementara itu, kata digital dalam KBBI adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan komputer atau internet.

Apabila dilihat dari definisi di atas, hilirisasi digital dapat dikatakan sebagai konsep untuk meningkatkan kinerja secara efisien, produktifitas, dan nilai tambah secara keseluruhan dengan mengadopsi teknologi digital.

Menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang muncul terkait hilirisasi digital, Dewan Pakar Kampanye nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, angkat bicara. Menurutnya, narasi hilirisasi digital yang disampaikan Gibran pada debat cawapres bermakna bahwa Koalisi Indonesia Maju bertekad membangun ekonomi digital dari hulu ke hilir.

Budiman menjelaskan bahwa hilirisasi digital memiliki dua makna. Pertama adalah dalam membangun ekonomi digital, tidak cukup hanya pengembangan aplikasi saja, namun juga mempersiapkan infrastruktur jaringan atau konektivitas internet serta membangun industri perangkat digital. Hal ini bertujuan untuk menghindari kelemahan pada pemerataan akses internet. Pemaknaan kedua hilirisasi digital adalah melakukan digitalisasi secara intensif dalam suatu rantai pasok industri Langkah digitalisasi ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam seluruh tahapan proses industri.

Budiman menambahkan bahwa pengembangan hilirisasi digital dengan pendekatan ekosistem ini sering diistilahkan dengan DNA, yaitu device, network, and application sehingga data menjadi penting dalam hal ini. Untuk menjaga keamanan data, Cyber Security dan Cyber Defense menjadi hal penting untuk dibangun saat bicara ekonomi digital.

Referensi:

Antaranews.com. (2023, 29 Desember). Timnas: Istilah Hilirisasi Digital Tidak Ada dalam Literatur Akademik. Diakses pada 06 Januari 2024, dari https://www.antaranews.com/berita/3892533/timnas-istilah-hilirisasi-digital-tidak-ada-dalam-literatur-akademik

Cnnindonesia.com. (2023, 24 Desember). Budiman jelaskan Hilirisasi Digital ala Gibran di Debat Cawapres. Diakses pada 06 januari 2024, dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20231223191549-617-1041201/budiman-jelaskan-hilirisasi-digital-ala-gibran-di-debat-cawapres

Cnnindonesia.com. (2023, 25 Desember). Pengamat Pun Bingung dengan Istilah Hilirisasi Digital Ala Gibran. Diakses pada 06 Januari 2024, dari https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20231225071704-532-1041504/pengamat-pun-bingung-dengan-istilah-hilirisasi-digital-ala-gibran

Digital. 2016. KBBI Daring. Diakses 06 Januari 2024, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/digital

Hilirisasi. 2016. KBBI Daring. Diakses 06 Januari 2024, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/hilirisasi

Kabar24.bisnis.com. (2023, 25 Desember). Ini arti Hilirisasi Digital yang Disebut Gibran di Debat Cawapres. Diakses pada 06 Januari 2024, dari https://kabar24.bisnis.com/read/20231225/15/1726958/ini-arti-hilirisasi-digital-yang-disebut-gibran-di-debat-cawapres

Penghiliran. 2016. KBBI Daring. Diakses 06 Januari 2024, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/penghiliran

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai